You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Nagari Pasir Binjai
Nagari Pasir Binjai

Kec. Silaut, Kab. Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat

Selamat Datang di Portal Resmi NAGARI PASIR BINJAI Kecamatan Silaut Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat

Pembuatan Rumah Kompos Nagari Pasir Binjai

Administrator 24 Juni 2019 Dibaca 160 Kali

PEMBUATAN RUMAH KOMPOS NAGARI PASIR BINJAI

Pasir Binjai, 24/06/2019

Berawal dari pemikiran beberapa orang atas banyaknya limbah ternak sapi dipemukiman warga, maka muncullah sebuah pemikiran untuk merubah limbah ternak tersebut menjadi pupuk kompos. Berkat tekat, niat, dan tempat seadanya pengolahan limbah ternak itu dilaksanankan oleh beberapa orang tesebut, hingga kemudian setelah limbah tersebut telah menjadi pupuk, mereka mengujinya dengan meng-aplikasikan pada tanaman sawit, sayuran, dan tanaman lainnya dan menghasilkan tanaman tersebut terlihat lebih segar dibandingkan dengan penggunaan pupuk bebahan kimia. Atas dasar musyawarah dan kesepakatan dari beberapa orang tersebut diputuskan untuk membuat kelompok dengan nama "SUBUR JAYA KOMPOST" beralamatkan di Kp. Rantau Panjang Nagari Pasir Binjai yang diketuai oleh Giono.

Kini kelompok tersebut mulai dikenal oleh kalangan mayarakat bahakan diluar Nagari Pasir Binjai untuk dapat memasok permintaan pupuk kompos tersebut. Selain itu limbah ternak sapi yang ada dipemukiman warga dapat berkurang dikarenakan dalam sehari mereka mampu menghabiskan limbah ternak sapi dengan skala besar untuk pembuatan pupuk kompos tesebut dan omset yang didapatkanpun relatif besar, tergantung dari permintaan para konsumen itu sendiri. Setelah beberapa tahun menekuni bidang tersebut dengan tempat yang seadanya disalah satu rumah anggota keompok, kini kelompok tersebut telah medapatkan bantuan dana Pokir dari Bapak Kusmanto, SIP (Anggota DPRD Dapil V Kabupaten Pesisir Selatan) melalui Nagari Pasir Binjai yang dikhususkan untuk pembuatan Rumah Kompos yang nantinya digunakan sebagai pengolahan limbah ternak sapi.

Dan untuk saat ini seluruh anggota tersebut telah mengupayakan pembersihan lahan untuk didirikannya rumah kompos dan juga akses jalan untuk menuju rumah kompos tersebut(22/Juni/2019).

Sumber : GIONO (Ketua Kelompok SUBUR JAYA KOMPOST)

Post By : Admin

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image